PROPOSAL BISNIS
DEZI’S FASHION HIJAB DAN MAKE-UP

Oleh:
Nama : Dezi Syusmita
Nim : 11471205828
KATA PENGANTAR
Rasa syukur
yang tulus dan iklas penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis proposal bisnis ini dapat menyelesaikan dengan bisnis “ Dezi’s
Fashion Hijab dan Make-up “
Kami menyadari,
penulisan proposal ini tidak terlepas
dari bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu
sudah sepantasnya pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada
yang terlibat.
Kami menyadari proposal ini masih banyak kekurangan, untuk itu tegur sapa , kritik dan saran sangat dinantikan dari pembaca untuk kesempurnaan. Semoga makalaini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pihak terkait.
Kami menyadari proposal ini masih banyak kekurangan, untuk itu tegur sapa , kritik dan saran sangat dinantikan dari pembaca untuk kesempurnaan. Semoga makalaini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pihak terkait.
Pekanbaru,
8 Mei 2016
Penulis
Dezi
syusmita
Daftar Isi
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Acara wisuda
merupakan agenda rutin yang digelar oleh kampus. Berdasarkan pengamatan
penulis, hampir setiap bulannya ada acara wisuda yang digelar oleh
kampus-kampus di Pekanbaru. Tren wisuda
pun kini tidak hanya untuk perguruan tinggi saja, melainkan hampir seluruh
jenjang sekolah mulai dari TK, SD, SMP, maupun SMA pun menggelar acara wisuda
untuk kelulusan siswa-siswinya. Acara wisuda dianggap sebagai agenda spesial
dan berkesan sehingga perlu keindahan dan kecantikan dalam merayakannya.
Seiring berjalannya waktu, maka banyak pelaku usaha yang menawarkan jasa make
up dan salon. Mahasiswapun sesungguhnya memiliki peluang membuka usaha di
bidang ini dengan kompetensi yang diperoleh dari kuliah.
Konsep bisnis yang dijadikan peluang
usaha yang memberikan jasa pelayanan make up dan menyewakan serta
melayani pembuatan kebaya atau busana pesta. Produk dan jasa dalam usaha ini
merupakan penggabungan ilmu dari bidang tata rias dan busana, sesuai dengan
bidang keilmuan anggota.
1.2Tujuan Proposal
Tujuan
dari memberikan jasa pelayanan make up, sewa busana, hijab, serta konsultasi
penampilan. Metode promosi usaha ini dilakukan melalui leaflet yang diberikan
langsung kepada calon wisudawati dalam acara yudisium yang digelar setiap
bulannya.
Dalam
rangka meningkatkan pendapatan keluarga pada saat krisis ekonomi yang
berkepanjangan seperti saat ini diperlukan usaha usaha yang bersifat Agresif,
Kreatif, Penuh perhitungan dan Berorientasi Pasar. Usaha tersebut juga
diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja potensial yang saat
ini jumlahnya sangat melimpah baik itu angkatan kerja baru maupun angkatan
kerja lama yang oleh karena kondisi perekonomian Makro terpaksa harus
menganggur akibat tidak adanya kesempatan bekerja atau terkena PHK.
Dengan demikian tujuan dari pengembangan Proyek
itu sendiri ada dua yaitu dari Aspek Ekonomi dan dari Aspek Sosial, Aspek
Ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan, sementara Aspek sosial adalah
sedikitnya untuk membantu Masyarakat dalam mengatasi Pengangguran.
1.3 Jenis Usaha yang Direncanakan dan Produk yang Dihasilkan
Produk yang dihasilkan dalam
usaha ini yaitu:
1. Layanan
penyediaan jasa make up
2. Penyewaan
Pakaian Adat
3. Kreasi
hijab,
4.
Konsultasi tata rias-busana.
BAB 2
PASAR DAN
PEMASARAN
2.1 Gambaran Lingkungan Usaha
Rata-rata
yang menggunakan jasa ini adalah calon wisudawati. ini menjadi target pasar
yang sangat potensial dengan harga yang terjakngkau.
Disamping itu kami juga
menerima jasa make up untuk tari, acara pernikahan dan prewedding, yang
tentunya sangat memberikan kualitas yang sangat bagus.
2.2 Rencana Pemasaran
1. Penetapan Harga Produk
Untuk jasa
make up sendiri dimana target konsumen yang ditetapkan adalah segmen menegah
bawah, terutama untuk para mahasiswi, maka harga menjadi sangat sensitive.
Untuk itu dalam menentukan harga betul- betul dipertimbangkan, terutama untuk
para remaja, maka faktor harga menjadi sangat sensitive, untuk itu dalam
menentukan harga betul betul dipertimbangkan apakah Produk kita dengan harga
yang telah ditetapkan dapat terjangkau oleh masyarakat bawah. Dan selanjutnya
adalah apakah dengan harga murah tersebut kita masih mendapatkan untung,
sehingga untuk menentukan harga jasa make up ini sudah dipertimbangkan supaya
terjangkau oleh semua kalangan.
2. Stategi
pemasaran
Usaha
dapat dikenal oleh calon konsumen salah satunya melalui media promosi.
Promosi yang dilakukan dalam usaha ini yaitu melalui leaflet yang diberikan
langsung kepada calon wisudawati dalam acara yudisium yang digelar setiap bulan
Februari, Mei, Oktober, November di fakultas. Selain itu juga melalui kartu
nama yang diberikan ke beberapa orang yang dijumpai. Media informasi internet
sosial media juga disediakan untuk mempromosikan usaha ini. Pemberian hadiah
dan diskon harga juga kerap diberikan sebagai media promosi.
Strategi
pemasaran dari usaha ini adalah mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai
materi promosi dan edukasi dari produk jasa yang ditawarkan. Implementasi
strategi ini meliputi hal-hal berikut :
1.
Materi-materi edukasi (seperti poster,
selebaran, liputan di media internet) yang berkaitan dengan cara make up atau
contoh model hijab dan gaun atau teknik menjahit dan merajut.
2.
Memberikan layanan datang ke rumah atau kos
konsumen di wilayah kota Pekanbaru
3.
Memberikan konsultasi gratis terkait penampilan.
4.
Memberikan Paket make-up
BAB 3
ASPEK PRODUKSI
3.1 Analisis Lokasi Usaha
Lokasi yang menjadi pilihan
tempat usaha ini yaitu Jl. HR. Subrantas. Dimana lokasi ini cukup dekat dengan
kampus UIN SUSKA Riau, UNRI, STIE AKBAR. Selain itu lokasi ini juga dengan SD, Play
Group, Balai Budaya, dan SMK serta lingkup kost-kost an.
3.2Fasilitas dan Peralatan Produksi
Fasilitas dan peralatan produksi yang dibutuhkan pada usaha ini adalah
sebagai berikut:
1. Peralatan Make-up
Kuas make-up, box make-up, foundation,
bedak, eyeshedow, blush on, pensil alis, bulu mata, lem bulu mata, lipstik,
sisir dll

2. Perlengkapan hijab
Aksesoris, jarum,peniti

3. Perlengkapan Promosi
Leaflet, spanduk, hp media online

4. Lemari Penyimpanan
BAB 4
ASPEK KEUANGAN
4.1 Permodalan
Ringkasan modal adalah sebagai berikut:
Keterangan
|
Harga
|
bahan kosmetik
|
: Rp. 3.000.000,00
|
Biaya pengadaan gaun dan hijab
|
: Rp. 3.000.000,00
|
Biaya pengadaan alat dan bahan dokumentasi
|
: Rp. 500.000,00
|
Biaya pengadaan lemari khusus
|
: Rp 600.000,00
|
Lain-lain
|
: Rp. 700.000,00
+
|
Rp. 7.800.000,00
|
Peralatan tersebut mengalami
penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1.000,00.
bila menggunakan metode penyusutan dengan garis lurus, biaya penyusutan = (Rp.
7.800.000,00 - Rp.1.000,00) : 4 = Rp.1.949.750,00 per tahun atau sama dengan
Rp. 162.479,00 per bulan.
4.2 Asumsi Penjualan
Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 10 orang per
bulan untuk layanan jasa make up wisuda dengan tarif @ Rp 100.000,00 dan 5 kali
pertemuan @ Rp 50.000,00 per bulan untuk layanan kursus pada pembukaan usaha enam
bulan pertama.
4.3 Proyeksi Laba/Rugi per Bulan
Asumsi order per bulan
|
|
Make up dan hijab 10 x Rp 75.000,00
|
= Rp 750.000,00
|
Kursus 5 x Rp 50.000,00
|
= Rp 250.000,00
|
Total pendapatan
|
= Rp 1.000.000,00
|
Pengeluaran
|
|
Biaya penyusutan per bulan
|
= Rp 162.500,00
|
Lain-lain
|
= Rp 50.000,00
|
Total pengeluaran
|
= Rp 212.500,00
|
Laba/Rugi bersih :
= total pendapatan – total pengeluaran
= Rp 1.000.000,00 – Rp 212.500,00
= Rp 787.000,00
Berdasarkan proyeksi keuangan yang telah dijabarkan di atas
maka dapat terlihat bahwa usaha rumah cantik ini akan menghasilkan laba dalam 6
bulan pertama sebesar Rp 787.000,00 per bulan.
BAB 5
PENUTUP
5.1
Biodata Pemilik Usaha
Nama : Dezi Syusmita
TTL : Pekanbaru, 28 Januari 1996
Alamat : Jl. HR. Subrantas
5.2 Sertifikat Kepelatihan
1. Beauty class dari brand Pixy

2. Pelatihan Tata Rias dari Dinas Pemuda dan
Olahraga Kota Pekanbaru

5.3 Gambaran Hasil Usaha




kkeren nih proposalnya..
BalasHapusmoga lancar yaa
kita kebetulan juga punya usaha makeup
make up jakarta
Bissmillaahh..terimakasih..sangat bermanfaat untuk referensi membuat proposal bisnis plan di Kampusku.
BalasHapusKak aku izin pakai ya, akan dirubah dibeberapa tempat. tidak akan saya pakai bulat-bulat. Terimakasih sebelumnya.
BalasHapus